Pages

Subscribe:

Labels

Selasa, 07 Agustus 2012

Belajar Presentasi


                Sebuah hal sepele yang sering kita lupakan. Cara berpresentasi yang baik dan benar. Selama ini presentasi yang telah kita anggap benar belumlah sesuai dengan apa yang diharapkan. Banyak hal yang mesti diperhatikan, mulai dari hal-hal terkecil seperti intonasi berbicara, perlengkapan yang digunakan dan sebagainya.
                Pada kesempatan kali ini, bertepatan dengan hari senin tanggal 5 Desember 2011 mata kuliah Keterampilan Interpersonal mengajarkan mengenai beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memulai pesentasi yang baik dan benar.
                Untuk pertama kali semua mahasiswa diminta untuk menceritakan sebuah cerita lucu (stand up comedy) dihadapan para teman yang lain. Esensinya disini adalah bagaimana cara kita untuk mengatasai rasa malu atau gerogi yang selama ini sering dihadapi oleh setiap orang yang akan berpresentasi. Yah meskipun secara sadar maupun tidak kita juga pasti sering merasakannya.
                Hal pertama yang saya alami, adalah mempersiapkan alat dan menentukan pilihan kata yang tepat untuk menyampaikan apa yang ingin saya sampaikan. Awalnya saya berpikir kalau apa yang akan saya sampaikan itu tadi gak bakal mampu menghibur temen-temen sekelas. Tapi, saya coba beranikan diri untuk mampu menghilangkan semua pikiran yang sama sekali mengganggu dan melemahkan pikiran saya. Dan akhirnya detik demi detik saya mampu menghilangkan  rasa itu semua serta telah berhasil menyampaikan hingga akhir materi walaupun hanya diberi waktu sekitar 5 menitan. Berikut ini ada video yang menjadi bukti laporan saya dalam melaksanakan   latihan presentasi ini.

0 komentar:

Posting Komentar