Pages

Subscribe:

Labels

Selasa, 07 Agustus 2012

Semester yg Sulit namun Bermakna


                Kata orang, tahun pertama ketika baru menginjakkan kaki dalam dunia kampus adalah sebuah hal yang sangat berat khususnya bagi maba semester satu seperti apa yang saya alami ini. Selain memiliki tanggung jawab yang lebih besar dalam belajar, namun sering juga dihadapakan oleh sebuah hal yang tidak bisa dilawan. Yah, wajar saja memang, karena di tahun pertama ini masih gencar-gencarnya yang namanya pengkaderan.

                Menurut saya sendiri bahwa pengkaderan bukanlah hal yang perlu ditakuti, asalkan apapun yang dilakukan oleh para senior kita itu adalah hal yang tidak menyalahi aturan dan tidak membawa mudharat bagi diri kita maupun orang lain. Di kampus yang terkenal dengan kampus perjuangan ini, tidak menutup kemungkinan kalau di dalamnya masih terdapat beberapa mahasiswa baru yang enggan mengikuti kegiatan semacam ini.
                Saya lihat banyak dari teman-teman dari jurusa saya maupun jurusan yang lain, dengan mudahnya mencari alas an demi tidak mengikuti kegiatan ini. Jangankan mereka saya pun juga pernah berbuat semacam itu. Namun, kembali saya tengok ke belakang, bahwa bangsa dan negeri ini membutuhkan suatu perjuangan. Para pemudanyalah yang membawanya ke dalam keterpurukan, hingga akhirnya saya menghina saya sendiri. Mau jadi apa saya nanti kalau seperti ini sikap saya, masih ada rasa apatis, egois, dsb.
                Banyak hal yang mestinya dapat kita ambil selama mengikuti pengkaderan ini. Kita mungkin telah tahu bahwa  kehidupan di kampus adalah sebuah miniature yang menggambarkan bagaimana sebuah pemerintahan Negara dapat berlangsung. Nah dari situ, muncul sebuah perasaan bersalah dari dalam diri saya. Apa jadinya Negara yang kaya ini jika saya kelak menjadi seorang pemimpin, sedangakn saya sendiri masih memilki sikap yang apatis dan egois itu tadi.
                Pengkaderan disini bukanlah gerakan yang anarkhi, juga bukan kegiatan kampus yang dilarang oleh pihak institute. Tapi pengkaderan ini adalah sebuah cara yang ditempuh untuk mengembalikan motivasi para mahasiswa baru guna mempergunakan ilmu yang mereka dapat membawa dampak yang cukup positif bagi masyarakat nantinya.

0 komentar:

Posting Komentar