Pages

Subscribe:

Labels

Selasa, 04 Februari 2014

Apa itu Registry?

Registry adalah informasi database yang berada pada sistem operasi Microsoft Windows 95 keatas. Database ini menyimpan pengaturan yang kita lakukan pada komputer. Setiap kali program dimulai dan setiap kali windows melakukan suatu operasi, registry akan mengisinya dengan variabel yang mengatur sistem komputer. Jadi registry adalah database terpusat yang dipakai oleh Windows dan aplikasi-aplikasi windows untuk menyimpan informasi konfigurasinya.

Informasi ini berisi sistem perangkat keras, perangkat lunak, dan aplikasi komunikasi. Registry secara prinsip akan menyimpan dua jenis informasi yang mendasar, yaitu :
  1. Global Information, informasi ini sangat penting untuk operasi dasar hardware dansoftware pada komputer.
  2. User Spesific Spesification, bagian ini berisi pengaturan kostumasi pemakai seperti layoutdari desktop windows dan pilihan-pilihan yang telah kita atur, baik untuk windows itu sendiri maupun pada aplikasi windows.
Struktur Registry
Registry secara global terdiri dari 6 kategori informasi, bagian ini sering disebut dengan nama “Kunci Induk” (root keys). Kunci induk ini seperti kontainer data, setiap informasi terhubung dengan aspek tertentu pada sistem komputer. Kunci induk dapat berisi data nilai (Value), kunci (Key) atau anak kunci (sub key). Sebagian orang menyebut root keys dengan handle key atau disingkat HKEY. Registry secara global dibagi beberapa handle key yaitu :
  1. HKEY_CLASSES_ROOT
  2. HKEY_CURRENT_USER
  3. HKEY_LOCAL_MACHINE
  4. HKEY_USERS
  5. HKEY_CURRENT_CONFIG
Uraian secara singkat adalah sebagai berikut :
1. HKEY_CLASSES_ROOT, bagian ini tempat dimana seluruh asosiasi file disimpan dan dimana windows akan mencari special folder type classes. Bagian ini identik dengan bagian key HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Classes
2. HKEY_CURRENT_USER, bagian ini menyimpan setting individual untuk setiap user yang memakai komputer.
3. HKEY_LOCAL_MACHINE, bagian ini menyimpan setting dari komputer yang kita pakai. Kunci induk ini menyimpan seting global (non user spesific) yang berhubungan dengan perangkat keras, perangkat lunak dan komunikasi.
4. HKEY_USERS, kunci induk ini menyimpan seting spesifik pemakai. Seting ini merupakan pengaturan tertentu yang dipakai oleh seorang pemakai yang memakai komputer tersebut. Seting ini termasuk layout desktop, pengaturan-pengaturan yang dilakukan oleh programprogram aplikasi. Bagian HKEY_CURRENT_USER merujuk pada HKEY_USERS ini untuk mendapatkan data pemakai aktif.
5. HKEY_CURRENT_CONFIG, bagian ini menyimpan informasi profil perangkat keras terpasang. Meskipun tidak membuat profil hardware, bagian ini memberikan informasi default. Isinya sama dengan HKEY_LOCAL_MACHINE\HARDWARE.

0 komentar:

Posting Komentar